Fangirl, Anti-Fan, & Netizen

Chanyeol-Heize-UR2

kenadjoen-20151018-0002

Sebenernya aku gak ada niatan khusus buat nulis artikel semacam ini. tapi, ini luapan perasaan aku sebagai fan, sekaligus netizen yang kadang ngerangkap jadi anti-fan untuk beberapa artis yang nggaka ku suka. aku udah 6 tahun jadi k-lover. entah itu dari drama sampai musik, aku suka semua. lifestyle aku ada disana. aku ini orang yang pasif, ansos, dan aneh. aku juga nggak bisa buka pembicaraan menarik sama orang baru. dan aku bersyukur, seenggaknya karena korea aku punya sedikit bahan obrolan sama sesama fans.

ada banyak pengalaman menarik selama 6 tahun selama jadi fangirl, mulai diledek temen-temen karena kau satu-satunya yang suka korea di kelas, sampai dijauhin temen gara-gara aku jadi EXO-L dan nganggep aku jadi pengkhianat ELF. lucu sih…

tapi, tulisan ini muncul ke blog gara-gara Unpretty Rapstar 2 yang nampilin Heize sama Chanyeol. dan kemarin, aku baru selesai baca novel So I Married The Anti Fan. EXO L tau dong novel yang akhirnya diangkat jadi filmnya Chanyeol ini, yang katanya ada bed scenes dan kissing scenes (dan di novel aku cuma nemuin 2 kissing scenes tanpa ada bed scenes).

hubungannya sama  artikel ini?

soal komentar jahat publik buat Chanyeol.

iya sih, komentar pedes, bagus, jelek, itu udah jadi hak publik juga. ini juga bisa jadi pecut buat si artis buat jadi lebih baik lagi. tapi satu hal yang pengen aku tekankan…COBA KALAU KALIAN ADA DI POSISI ARTIS YANG KALIAN KRITIK JAHAT. inget loh, kritik pun ada aturannya. gak boleh ada kritik kalau gak ada saran. dan sarannya pun harus sehat, bukan seenak lidah asal nyeletuk.

di novel SIMTAF, aku akhirnya perlahan mulai ngerti psikologis seseorang yang jadi bahan gunjingan publik, aku juga mulai ngerti dan sama-sama ngerasain sakit hati ketika kebanyakan publik kemakan berita, sedangkan berita yang dibikin wartawan udah diwarna-wari sama banyak ‘spidol’ yang tentunya pakai imajinasi juga. dan ngeliat komentar ejekan yang nggak nge fans sama Chanyeol, aku rasa itu keterlaluan. iya, aku juga kaget waktu denger lirik asing yang juga sedikit aneh di telinga aku. dan setelah mastiin lirik lagu itu lewat lagu yang aku download, ternyata lirik lagu yang dibawain Chanyeol sama Heize di Unpretty Rapstar agak-agak kurang bagus. aku juga agak curiga waktu reaksi Hyorin sama beberapa penonton yang nunjukin reaksi “Yaampun ini liriknya…”

aku juga akui, Ilhoon lebih bagus daripada Chanyeol. tapi kalian bilang Chanyeol gak bisa nge-rapp, Chanyeol cuma pakai popularitas…apa mereka yang nulis itu bisa nge-rapp sebagus itu sampai ngasih komentar yang ngejatuhin kayak gitu? apa yang nulis sepopuler itu, ngerti tentang kontrak, tau cara nulis lirik lagu, tau cara nge-rapp yang bagus, bahkan layak tampil di Unpretty Rapstar ganttin Chanyeol bahkan dampingin Heize?

aku juga kecewa sama lirik lagunya, Chanyeol juga nggak nge-rapp dengan ‘luar biasa’, tapi ngejek dan ngejatuhin? yang ngejek bilang Chanyeol childish, apa ngejek bukan bagian dari kata childish? mending jadi anti-fan deh, anti-fan sehat yang ngasih saran dan kritik sehat dan nepuk pundak si artis waktu mereka mau memperbaiki kesalahan mereka.

aku lagi sensitif nih…psikologis aku juga lagi down, aku dapet sulutan semangat dari novel kemarin yang aku baca, dan aku kewaba emosi sama ejekan jahat netizen…ayolah…kita bisa pakai bahasa yang sehat, kan?? ini ngingetin tahun lalu, waktu Baekhyun nge MC dan dia diteriakin pengkhianat gara-gara skandalnya sama Taeyeon. ngejatuhin psikologis kayak gitu bener-bener nggak sehat dan nggak bertanggung jawab…

 

ini cuma omong kosong saya sebagai fangirl. sebagai EXO-L, sebagai K-Lover.

2 thoughts on “Fangirl, Anti-Fan, & Netizen

  1. haha :’D awalnya aku mana ngeh ya sama ‘hongkong’ yang tibatiba jadi ngehits, padahal sebelumnya aku juga streaming chanyeol sama heize pas di unpretty star. tapi emang akunya yang udah kesihir chanyeol yang keren sampe gak ngeh liriknya. Pas dikasih tau temen, aku tanya. Ih masak chanyeol yang selama ini lekat sama image polos nyanyi gituan. Banyak yang ngejugde tapi aku mah suka suka aja selagi masih ada batasannya, dan chanyeol kan cuma sekedar ngerapp gak lebih

    Suka

    • lagu rap biasanya emang agak ekstrim. bukan cuma lirik Chanyeol aja yang ‘wow’, Ilhoon yang dipuja-puja pun pake lirik yang ‘beda’. sedih aku sebagai fans chanyeol…

      Suka

Tinggalkan Balasan

